Breaking News

Sabtu, 06 Juli 2019

Tips agar Sofa di Rumah Panjang Usia

Tips agar Sofa di Rumah Panjang Usia

Sofa adalah furnitur paling favorit di ruang keluarga. Selain bisa diduduki banyak orang, perabot ini mampu membawa nuansa di ruangan jadi lebih hidup dan nyaman.

Karena tujuannya untuk jangka panjang, Anda tentu membutuhkan sofa yang berdaya tahan kuat, tetapi tetap estetik, untuk beberapa tahun ke depan. Di samping itu, penggunaannya juga harus didukung perawatan yang tepat.

Ada lima hal yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia sofa seperti dirangkum Dekoruma.

Segera Bersihkan Noda Tumpahan

Saat Anda sedang sedang duduk di sofa dan tak sengaja menumpahkan makanan atau minuman, jangan dibiarkan terlalu lama. Segera bersihkan noda tersebut sebelum jadi bercak yang merusak estetika sofa.

Gunakan cuka, tisu basah, atau detergen cair untuk membersihkan noda tersebut. Tepuk perlahan di area noda dengan lap.

Jangan digesek karena bisa membuat kain sofa menipis dan warnanya pudar. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih usai noda hilang.

Lindungi Sofa dari Sinar Matahari Langsung

Pencahayaan alami dibutuhkan di dalam hunian untuk membunuh kuman. Namun, panasnya sinar matahari bisa membuat daya tahan sofa berkurang, terlebih yang langsung menyorot ke sofa. Kulit sofa akan mulai berkerak, sobek, dan warnanya makin pudar.

Apabila Anda ingin tetap meletakkan sofa dekat sumber cahaya alami, sebaiknya berikan kanopi atau gorden model sheer pada jendela untuk melindungi sofa. Jauhkan sofa dari sumber panas lainnya seperti microwave atau barang elektronik lain.

Hentikan Kebiasaan Duduk di Lengan dan Atas Sandaran Sofa

Jika sofa sudah penuh diduduki, duduk di bagian armrest atau lengan seringkali jadi pilihan. Bahkan, duduk di atas sandaran sofa juga tanpa sadar sering dilakukan. Kedua kebiasaan ini akan membuat lengan dan bagian atas sandaran cepat melengkung karena dua bagian ini tidak diciptakan untuk menopang berat badan Anda.

Mulailah untuk mengutamakan duduk di bagian dudukan sofa. Jika sudah penuh, Anda bisa menggunakan kursi lipat sebagai gantinya. Dengan begitu, sofa akan jauh dari kerusakan dan Anda pun bisa berkegiatan di rumah dengan nyaman.

Biasakan untuk Duduk Secara Perlahan di Sofa

Saking lelah, Anda tanpa sadar segera membanting tubuh ke sofa dan beristirahat sejenak. Kebiasaan ini bisa membuat usia sofa pendek karena rangka sofa cepat rusak.

Jika Anda benar-benar cape, cobalah untuk duduk perlahan di sofa. Biarkan berat badan Anda terdistribusi dengan baik sehingga rangka sofa bisa menopang tubuh Anda dengan maksimal.

Hal ini juga berlaku untuk sandaran sofa yang bisa diatur sesuai selera Anda. Naikkan atau turunkan sandaran secara perlahan.

Bersihkan Sofa Secara Rutin

Debu yang hinggap dan terkumpul di permukaan maupun sela-sela sofa bisa mengundang bakteri dan kuman berkembang biak jadi sarang penyakit, serta mengancam usia sofa.

Lakukan pembersihan sofa seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan sampai ke sela-sela tersembunyi sofa dan pastikan tidak benda tajam yang terselip di sofa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By