Breaking News

Selasa, 26 November 2019

Cara Merawat Kucing Sesuai dengan Jenisnya


Cara Merawat Kucing Sesuai dengan Jenisnya

Jika kamu merupakan seseorang yang suka melihara kucing, kamu harus benar - benar memahami cara merawat kucing yang benar sesuai dengan jenis kucing yang kamu miliki agar kucing kamu terbebas dari penyakit dan tumbuh sehat.

Kucing adalah salah satu hewan yang paling digemari orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Wajah yang lucu dan sifatnya yang unik menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan favorit.

Nah, dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat kucing sesuai dengan jenisnya.

Kucing Persia

Bulunya yang panjang dan tebal, membuat Persia mudah kotor jika dibiarkan keluar rumah. Sifatnya sebagai kucing rumahan juga mengharuskan Persia tidak boleh sering dibawa ke luar rumah. Cara perawatan kucing Persia paling mudah adalah dengan memandikan secara rutin untuk memastikan bulunya bersih dan bebas kutu.

Kucing Persia membutuhkan makanan yang bernutrisi untuk membuat tubuhnya sehat dan menjadikan bulunya semakin cantik serta tidak mudah rontok. Makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan laut dapat menghindari kerontokan pada bulunya. Cara merawat kucing Persia lainnya yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan kuku kaki dengan rutin memotongnya.

Kucing Anggora

Jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing anggora, kamu harus siap juga untuk merawat kucing peliharaan kamu, khususnya kkamung kucing. Karena kkamung kucing anak menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang kucing peliharaan kamu jika kkamung kucing tidak dibersihkan secara rutin.

cara merawat kucing Anggora ini sedikit lebih rumit. Karena antara kucing jantan dan betina harus dirawat dengan cara berbeda. Anggora jantan cenderung lebih sensitive dan suka menyerang kucing jantan lain dan teritorial.

Kebiasaannya suka mencakar harus kamu perhatikan sehingga tidak salah merawat kucing Anggora. Makannya tidak sulit karena sekaligus banyak. Sedang Anggora betina cenderung pendiam, santai dan manja. Makannya juga tidak sulit hanya saja lebih sedikit namun intensitasnya sering.

Hal yang tidak boleh diremehkan dari perawatan jenis kucing Anggora jantan adalah menyediakan tempat mencakar dan memanjat. Kkamung harus lebih luas dan bersih, mengingat si jantan ini sangat suka bermain dan badannya mudah kotor. Pastikan menyediakan makanan dalam jumlah cukup, mengingat si jantan makan sangat banyak dan jangan sampai kehabisan.

Cara merawat kucing Anggora betina sedikit lebih mudah dari jantan. Tidak harus menyediakan tempat mencakar namun juga memerlukan kkamung yang bersih. Pastikan menyediakan makanan sehat dan bernutrisi untuk mencegah diare. Baik jantan maupun betina harus dimandikan minimal satu hari sekali dengan air hangat disore hari. Hal ini untuk mencegah kutu bersarang pada bulu.

Kucing Kampung

Jenis kucing kampung sama sekali tidak sulit dirawat. Baik jantan dan betina tidak memerlukan perawatan khusus. Sifatnya cenderung liar, membuat kamu tidak boleh banyak mengekangnya di rumah. Kkamung harus luas untuk membuatnya aktif bergerak dan bermain. Kucing kampung juga akan lebih banyak mencakar, jadi sediakan papan khusus mencakar.

Jenis kucing kampung memiliki daya tahan tubuh luar biasa bandel. Menjadikan kucing kampung ini tidak rewel dalam soal makanan. Jika kucing Anggora dan Persia membutuhkan jenis pakan dan vitamin kucing khusus, tidak demikian dengan kucing kampung. Cukup berikan makanan bernutrisi tinggi seperti ikan laut, ayam dan daging yang telah dimasak sebelumnya.

Perhatikan untuk selalu bersih mengingat kucing kampung lebih suka bermain di tempat-tempat kotor. Mandikan secara rutin minimal 3 hari sekali agar bulunya bersih. Berikan vaksin dan vitamin dengan rutin, namun tidak susu. Jenis kucing kampung ini cenderung mudah diare saat diberi susu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By